Ini Usulan Dapil Mentawai dan Alokasi Kursi DPRD Ke KPU RI

10-02-2018 12:52 WIB | Politik | Reporter: Patrisius Sanene | Editor: ocha
Ini Usulan Dapil Mentawai  dan Alokasi Kursi DPRD Ke KPU RI

Penandatanganan usulan hasil Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Mentawai untuk diteruskan ke KPU RI. (Foto: Patrisius Sanene)

TUAPEIJAT-Rapat koordinasi penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 2019 telah dilaksanakan KPUD Mentawai bersama pengurus partai politik, di Aula Penginapan Jelita Kilometer 0, pada Jumat, 9 Februari.

Hasil rapat tersebut membahas penataan daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan alokasi kursi untuk persiapan pemilihan legislatif pada April 2019.

Berbagai pendapat muncul dari pengurus partai politik menanggapi bahwa Mentawai yang saat ini menjadi empat dapil meminta untuk kembali dirombak, juga ada yang sepakat Mentawai tetap menjadi empat dapil.

Kepulauan Mentawai saat ini yang sudah terbagi menjadi empat dapil yakni dapil I (Siberut Barat, Siberut Utara), dapil II (Siberut Tengah, Siberut Selatan Siberut Barat Daya), dapil III (Sipora Utara dan Sipora Selatan), dapil IV (Sikakap, Pagai Utara dan Pagai Selatan).

Hendri Dori Satoko, dari PDI Perjuangan dalam rakor tersebut meminta agar Kepulauan Mentawai menjadi 3 Dapil, dapil yang dimaksudkan untuk dijadikan satu dapil yakni pulau Siberut dimana saat ini dua dapil.

"Saya mengusulkan Siberut yang saat ini 2 dapil menjadi 1 dapil saja, karena kalau pertarungannya tipis, dan usul Siberut 1 dapil saja," kata Hendri Dori dalam rakor.

Sementara itu partai lain mulai dari Golkar, PAN, Gerindra, Perindo, Hanura sepakat mendukung Kepulauan Mentawai tetap menjadi 4 dapil.

Atas usulan tersebut kemudian disepakati dari hasil rapat koordinasi tersebut menjadi usulan ke KPU Republik Indonesia. Berikut usulan yang disepakati KPUD Mentawai, Panwas, Pemerintah dan Partai politik yang hadir terkait penataan dapil dan alokasi kursi.

Pertama diusulkan Dapil I (Siberut Barat, Siberut Utara) 4 kursi, dapil II (Siberut Tengah, Siberut Selatan, Siberut Barat Daya) 5 kursi sementara dapil III 5 kursi dan dapil IV 6 kursi.

Kemudian usulan lain, dapil I (Siberut Barat Daya, Siberut Barat) menjadi 3 kursi, kemudian dapil II ( Siberut Tengah, Siberut Utara, Siberut Selatan) menjadi 6 kursi. Dapil III dan IV tetap.

Usulan ketiga, pulau Siberut diusulkan menjadi satu dapil dengan 9 kursi yakni (Siberut Barat, Siberut Utara, Siberut Tengah, Siberut Selatan, Siberut Barat Daya).

Usulan tersebut disepakati oleh KPU Mentawai, pemerintah, partai politik disaksikan oleh Panwaslih Mentawai.

  • Pin it
Komentar