Satu Rumah di Dusun Puro Muara Siberut Terbakar

09-02-2018 09:19 WIB | Peristiwa | Reporter: Hendrikus Bentar Samonganuot | Editor: ocha
Satu Rumah di Dusun Puro Muara Siberut Terbakar

Rumah milik Yohannes Salebbai yang habis terbakar di Dusun Puro, Desa Muntei, Siberut Selatan, Mentawai. (Foto: Hendrikus)

PURO-Rumah milik Yohannes Salebbai di Dusun Puro Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai terbakar, Selasa (6/2). Kebakaran berawal dari dapur dan dalam hitungan menit membesar membakar rumah yang terbuat dari kayu. Api hanya menyisakan sebagian dinding kayu dan atap yang terbuat dari tobat (daun sagu).

Menurut Yohannes, saat kebakaran dirinya sedang berada di ladang. Di rumah hanya ada istri dan anak-anaknya. Kebakaran berawal saat istri dan saudara perempuannya mengapasi ikan di dapur siang hari. Lalu mereka meninggalkan dapur dengan api yang masih hidup. Karena musim kemarau dan angin bertiup kencang, api membakar belakang rumah dan dengan cepat menjalar ke seluruh rumah.

Sejumlah warga yang melihat api mulai membesar datang menolong. Mereka membantu memadamkan api dengan menyiramkan air menggunakan ember. Karena udara kering dan berangin, upaya masyarakat tidak membantu banyak.

"Semua barang habis terbakar, pakaian, peralatan dapur, semua habis,"katanya. Kerugian ditaksir sekira Rp20 juta. Saat ini, Yohannes terpaksa menumpang tinggal di rumah kerabatnya.

Sementara Kepala Dusun Puro, Heronimus Tatebburuk sudah melaporkan kejadian yang menimpa warganya kepada kepala desa Muntei.

  • Pin it
Komentar