Minim Fasilitas, UN SD dan SMP di Siberut Tengah Belum Berbasis Komputer

08-02-2018 12:17 WIB | Pendidikan | Reporter: Rinto Robertus Sanene | Editor: ocha
Minim Fasilitas, UN SD dan SMP di Siberut Tengah Belum Berbasis Komputer

Suasana simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 2 Sipora Utara Kepulauan Mentawai. (Foto: Patrisius Sanene)

SAIBISAMUKOP-Pelaksanaan Ujian Nasioal tingkat SD dan SMP di Siberut Tengah Kepulauan Mentawai tahun ini belum bisa berbasis komputer karena masih minim fasilitas. Saat ini, terdapat 7 SDN dan 2 SMPN di Siberut Tengah.

Pengawas TK, SD dan SMP Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siberut Tengah, Parmenas Sakeru, mengatakan sejak dulu setiap Ujian Nasional diharuskan berbasis komputer namun sekolah di Siberut Tengah belum bisa melakukannya. "Ujian berbasis komputer sampai tahun ini pelaksanaannya belum bisa dilakukan dan hanya seperti biasa dengan berbasis kertas dan pensil karena di setiap sekolah belum punya fasilitas pendukung," katanya di Kantor UPTD Pendidikan, Selasa (6/2).

Menurut Parmenas, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baru bisa berjalan jika semua fasilitas pendukung lengkap, mulai dari komputer hingga akses jaringan internet. "namun kita tidak tahu siapa yang bisa menyediakan fasilitas pendukung ini," kata Parmenas.

Sementara untuk pelaksanaan U tahun ini, SMPN 2 di Saliguma sudah bisa ikut serta karena sudah memiliki siswa kelas 9 sebagai peserta ujian. "Ujian Nasional SMPN 2 akan digabung dengan SMPN 1 Siberut Tengah di Saibi Samukop karena SMPN 2 belum pengajuan akreditasi," katanya.]

  • Pin it
Komentar