Siswa SMAN 2 Sipora di Mentawai Simulasi UNBK

08-02-2018 11:48 WIB | Pendidikan | Reporter: Patrisius Sanene | Editor: ocha
Siswa SMAN 2 Sipora di Mentawai Simulasi UNBK

Siswa SMAN 2 Sipora di Tuapeijat, Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai sedang simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer. (Foto: Patrisius Sanene)

TUAPEIJAT-Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang diselenggarakan 9-12 April 2018, siswa-siswi di SMAN 2 Sipora mulai melakukan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilakukan selama 2 hari (7-8 Februari).

Simulasi tersebut dilakukan untuk mempersiapkan kemampuan siswa dalam penggunaan perangkat komputer pada saat ujian nantinya. Simulasi yang diikuti siswa tersebut terkait dengan pengenalan penggunaan perangkat komputer.

"Simulasi ini untuk persiapan UNBK, seperti masuk akun (log in) kemudian proses pengerjaan soal ujian, masuk pengerjaan soal berikutnya, dan penyimpanan," kata kepala SMAN 2 Sipora, Bisronel Siritoitet, Kamis, 8 Februari.

Dalam proses simulasi ini, masih ditemui sejumlah kendala yang diikuti 188 siswa sebagai peserta UN.

"Seperti kendala internet terutama kemudian listrik padam tiba-tiba, kemudian kemampuan siswa dalam menggunakan komputer, tapi kendala ini menjadi catatan kita sehingga pada pelaksanaan UNBK semuanya lancar," katanya saat ditemui Mentawaikita di SMAN 2 Sipora.

Tahun ini, kata Bisronel, penerapan UNBK dilakukan di seluruh SMA di Provinsi Sumatera Barat. "Ini yang kita upayakan, jadi kendala-kendala yang kita temukan pada saat simulasi menjadi catatan kita sehingga pada pelaksanaan UN tidak ada lagi kendala," katanya.

Jelang pelaksanaan UN mulai April 2018, akan dilakukan simulasi selama 2 kali, Februari dan Maret di SMAN 2 Sipora, lalu karena ketersediaan komputer hanya berjumlah 80 unit, simulasi UNBK dilakukan secara bergantian dengan dua labor didampingi guru.

Pelaksanaan Ujian Nasional untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) direncanakan mulai 9 - 12 April 2018, UN Susulan : 17 - 18 April 2018, Penyerahan hasil UN ke Provinsi 28 April, Pengumuman Hasil UN : 2 Mei 2018, kemudian pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional akan dilaksanakan pada 19 - 22 Maret 2018.

  • Pin it
Komentar