Depot Air Minum Isi Ulang Kemendes Tak Beroperasi

10-01-2018 13:10 WIB | Ekonomi | Reporter: Bambang Sagurung | Editor: Zulfikar
Depot Air Minum Isi Ulang Kemendes Tak Beroperasi

Salah satu depot air minum di Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara bantuan dari Kementerian Desa (Foto: Bambang Sagurung)

SIKABALUAN - Depot isi ulang air minum milik Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi tak beroperasi lagi.

"Pembelian alat yang rusak terlalu mahal di Padang. Kalau kita pesan di Jakarta mereka minta uangnya dulu baru kirim barang, takutnya barang tidak dikirim atau salah pesan alat sehingga belum ada perbaikan, " kata Pjs. Kepala Desa Muara Sikabaluan, Ira Budi kepada Mentawaikita.com, Rabu, 10 Januari 2018.

Lebihlanjut dikatakan Ira Budi, pada pertengahan 2017 lalu pernah dilakukan pemesanan alat yang rusak yang menghabiskan anggaran sekira Rp10 juta.

"Namun baru beberapa minggu pakai rusak lagi alatnya, seperti penyaringan air karena ini air laut yang ditawarkan, "katanya.

Depot isi ulang air minum dari Kementerian Desa tahun anggaran 2015 yang beroperasi pada 2016 dapat dinikmati masyarakat dalam beberapa bulan.

Harga penjualan perdana Rp5 ribu per galon. Memasuki 2017 harga dinaikkan menjadi Rp10 ribu per galon yang akhirnya setelah beberapa bulan pakai pada 2017 akhirnya mengalami kerusakan.

Kondisi sentral air minum bantuan Kementerian Desa yang berada di depan samping kantor desa seakan tidak terawat.

Saat ini, untuk sumber air bersih, warga Sikabaluan hanya mengandalkan air hujan atau membuat sumur galian di beberapa titik yang tidak tergenang air pasang air laut.

Ada juga beberapa pedagang di Sikabaluan yang mencoba memasok air minum galon dari Padang dengan harga penjualan Rp22 ribu hingga Rp24 ribu per galon.

"Kalau untuk kebutuhan air minum keluarga saja tiga hingga empat galon dalam satu bulan. Namun kalau lagi ramai di rumah maka akan lebih lagi, " kata Olean Sikaraja, salah seorang pembeli air galon dari Padang.

  • Pin it
Komentar