Merek Wisata "Taste Of Padang" Bukan Untuk Mentawai

09-12-2017 20:09 WIB | Travel | Reporter: Gerson Merari S | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
Merek Wisata "Taste Of Padang" Bukan Untuk Mentawai

Pantai pasir putih Mapaddegat, Sipora Utara yang menjadi salah satu destinasi wisata di Mentawai. (Foto : Dok)

PADANG-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai belum menerima Taste of Padang sebagai merek wisata Provinsi Sumatera Barat meski branding tersebut telah dilansir saat Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh 19 kabupaten/kota di wilayah itu di Hotel Mercure Padang, Jumat , 24 November lalu.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Mentawai, Desti Seminora mengatakan, kalau untuk wisata di Padang cocok tapi buat Mentawai tidak. Sebab jika wisatawan mencari destinasi wisata dalam penelusuran di internet dengan kata kunci branding tersebut pasti yang keluar Padang

Desti mengatakan pembahasan merek wisata tersebut baru melibatkan Pemkab Mentawai pada FGD terakhir saat peluncuran dilakukan.

Menurut dia, Mentawai punya keunikan sendiri secara adat istiadat dan destinasi wisata yang berbeda dengan daerah Padang dan Sumbar daratan. "Taste of Padang tidak sesuai dengan Mentawai, tidak sesuai untuk menjadi branding Mentawai," kata Desti saat ditemuimentawaikita.comsaat jeda rapat Penyelarasan Program Pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2018 di hotel Bumi Minang, Padang, Sabtu (9/12/2017).

Saat rapat terakhir pembahasan branding tersebut, Bupati Mentawai, kata Desti telah menyatakan keberatannya dengan alasan tidak mewakili Mentawai. Solusi dari itu, lanjut dia, dirinya telah berbicara dengan Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan berencana membuat brandingwisata sendiri sesuai dengan karakter, potensi dan filosofi masyarakat Mentawai. Sebelum mengeluarkan merek wisata Mentawai nanti, pihaknya akan melakukan kajian dengan berbagai pihak dan dilanjutkan dengan FGD.

"Saya rasa akhir tahun (2018) itu sudah ada," ucapnya.

Pengelola sekaligus pemilik Yanto's Place, salah satu resort wisata selancar yang ada di Nyang-nyang, Siberut Barat Daya, Minang Subianto menyebutkan branding itu tidak cocok buat Mentawai.

"Padang bagi turis hanya sebagai tempat transit yang mau ke Mentawai, bukan tempat berwisata," katanya.

  • Pin it
Komentar