56 Rumah Warga Puro Terendam Banjir Rob

04-12-2017 22:34 WIB | Peristiwa | Reporter: Hendrikus Bentar | Editor: Rus Akbar
56 Rumah Warga Puro Terendam Banjir Rob

Rumah panggung warga Dusun Puro I dekat dengan sungai terendam banjir rob. (Foto: Hendrikus Bentar)

PURO- Akibat seringnya hujan lebat yang mengguyur Siberut Selatan dan pasang naik yang tinggi membuat puluhan rumah di Puro I Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai tergenang banjir.

Salatiel Sakaliou (32) warga Puro I mengatakan, banjir dan pasang air laut naik ini sudah terjadi sudah tiga hari, dimulai Sabtu 2 Desember pada pukul 16.00 WIB dan surut pada pukul 21.00 WIB. "Banjir itu ada sedalam satu 1 meter, ini sudah mengganggu aktivitas warga salah satunya beberapa dapur untuk memasak tidak bisa lagi digunakan karena sudah digenangi air, terpaksa dan beberapa warga membeli kompor untuk masak," katanya, Senin (4/11/2017).

Tak hanya itu saja banjir dan pasang naik juga membuat ternak ayam warga berkeliaran sembarangan saja karena beberapa kandang sudah tergenang air. Mereka mengharapkan adanya perhatian pemerintah. "Jadi tidak hanya di hulu sungai saja yang banjir tetapi di hilir terutama dengan sungai juga diterjang banjir rob, kita mengharapkan perhatian pemerintah untuk memberikan bantuan," katanya.

Kepala Dusun Puro Heronimus Sabulukkungan langsung terjun kelapangan untuk mendata dan melihat kondisi warganya dan melihat dimana saja yang parah. "Banjir ini membesar akibat meluapnya air dari hulu dan ditambah air laut pasang naik dari muara maka airnya meluap hingga kerumah warga," katanya.

Beberapa rumah warga sudah tergenang banjir, pondok-pondok anak anak sekolah juga terkena banjir, ada beberapa anak anak sekolah sekarang pindah di rumah masyarakat yang lebih aman. "Ada 56 rumah sudah tergenang banjir, dari jumlah tersebut 20 rumah paling parah sudah naik hingga ke dapur dan harus mengungsi rumah warga terdekat yang tidak tergenang banjir, kita memperkirakan banjir ini akan surut selama seminggu," katanya.

  • Pin it
Komentar