Dukung Penyelamatan Hutan Siberut, Rieke Diah Pitaloka dan Pegiat Lingkungan Tanam Pohon

28-11-2017 16:12 WIB | Lingkungan | Reporter: Rus Akbar | Editor: ocha
Dukung Penyelamatan Hutan Siberut, Rieke Diah Pitaloka dan Pegiat Lingkungan...

Bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, Rieke Diah Pitaloka bersama sejumlah pegiat lingkungan melakukan aksi penanaman pohon di Siberut, Kepulauan Mentawai sebagai dukungan untuk penyelamatan hutan Siberut, Selasa (28/11/2017). (Foto: Rus Akbar)

MUNTEI-Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka bersama suku Sabulukkungan serta Satoutou menanam bibit tanaman durian dan meranti (katuka) di Batmara, Dusun Pariok, Desa Muntei, Siberut Selatan, Selasa (28/11/2017). Penanaman pohon yang bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Nasional ini sebagai simbol perlawanan masyarakat adat Mentawai terkait rencana izin Hutan Tanaman Industri (HTI) di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai.

"Masyarakat Mentawai itu hidup tergantung dengan alam, kalau tanahnya diambil oleh investor masyarakat tidak lagi bisa hidup, boleh investor datang ke Mentawai tapi tidak merampas tanah masyarakat," ujar Rieke saat aksi penanaman pohon.

Perwakilan suku Satoutou, Stefanus mengatakan pohon yang ditanam itu akan diwariskan untuk anak cucu suku Satoutou ke depan. "Ini tanah kami dan pohon ini untuk anak cucu kami," katanya.

Penanaman pohon dilakukan di atas tanah Mateus Sabulukkungan, anggota Suku Sabulukkungan. Usai itu, dilakukan pemasangan pamplet peta wilayah adat Suku Sabulukkungan dan Satoutou yang bertuliskan "Siapapun Harus Menghormati Masyarakat Adat".

Kedatangan Rieke ke Siberut untuk mengkampanyekan penyelamatan hutan Siberut yang kini sedang terancam rencana eksploitasi izin hutan tanaman industri. Ia dan rombongan dari Walhi mengunjungi Uma Simalinggai milik Suku Sabulukkungan sejak 25 November lalu dan mengikuti kegiatan Parurukat Uma Simalinggai yang diawali dengan mengolah pangan lokal, mencari tanaman obat dan berburu. Kegiatan tersebut memperlihatkan keterkaitan kehidupan sehari-hari orang Mentawai yang bergantung pada hutan dan alam.

  • Pin it
Komentar