Tak Ada Jamban, Semak-semak Jadi Tempat Siswa SMAN 1 Pagai Utara Buang Air

23-11-2017 13:16 WIB | Pendidikan | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson Merari
Tak Ada Jamban, Semak-semak Jadi Tempat Siswa SMAN 1 Pagai Utara Buang Air

SMAN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara. (Foto : Leo)

SAUMANGANYA-SMAN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara, Mentawai yang berdiri pada 2015 sampai sekarang belum memiliki jamban tempat siswa buang air besar dan kecil. Jika siswa buang air terpaksa harus pergi ke semak-semak di sekitar sekolah.

"SMAN 1 Pagai Utara berdiri tahun 2015 sampai sekarang tidak memiliki jamban atau wc, bila siswa buang air kecil terpaksa harus ke semak-semak dan buang air besar menumpang ke rumah penduduk atau pulang ke rumahnya," kata Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Nofik Afriko, Senin (20/11/2017).

Nofik Afriko menyebutkan, siswa SMAN 1 Pagai Utara berjumlah 155 orang setiap buang air kecil dan besar selalu minta izin keluar, waktu izinnya sangat lama mencapai 5 menit sebab harus menjauh ke semak-semak. Menurutnya hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap belajar siswa.

"Kalau siswa izin ingin buang air besar dan kecil ada yang pulang ke rumah seperti perempuan, kalau laki-laki langsung pergi ke semak-semak dekat sekolah, melihat hal ini kita pihak sekolah sangat merasa prihatin sekali, target sekolah di akhir tahun 2017 ini jamban atau wc sekolah 2 pintu harus ada," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini SMAN 1 Pagai Utara mendapatkan bangunan laboratorium, ia berharap ada kelebihan material yang bisa digunakan membuat jamban sekolah berukuran 2x2 meter.

"Masalah pekerjaan akan kita bicarakan dengan orang tua dan wali murid siswa, harapan kita supaya pekerjaan dilakukan secara gotong royong, sebab dana untuk mengupah tukang tidak ada," katanya.

  • Pin it
Komentar