Kelompok Nelayan Jaring Apung Sikakap Terima Bantuan Bibit Kerapu

11-11-2017 17:23 WIB | Ekonomi | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson Merari
Kelompok Nelayan Jaring Apung Sikakap Terima Bantuan Bibit Kerapu

Nelayan Sikakap memberi makan ikan di keramba. (Foto : Supri)

SIKAKAP-Sebanyak 11 kelompok nelayan jaring apung di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat bantuan bibit ikan kerapu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Tiap kelompok mendapat 3.500 ekor bibit.

Kelompok yang mendapat bantuan itu yakni Saiyo Sakato, Bina Usaha, Maju Bersama, Makmur Sejati, Eruk Baga, Maju Bersama-Sama, Macan, Sinorat Sulu, Bakat Pegu, Icok Pieke, dan Dilamun Ombak.

Manejer Lapangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yose Rizal Anwar mengatakan, bibit kerapu yang diberikan tersebut dari jenis cantang, macan dan cantik. Ukuran benih yang disalurkan kepada kelompok nelayan keramba jaring apung 10 centimeter.

Penyaluran benih tersebut, kata Yose dilakukan dalam beberapa tahap, pada tahap pertama sebanyak 12.500 ekor yang kemudian dibagikan kelompok yang disesuaikan kesiapan anggotanya. Pada penyaluran tahap pertama tiap kelompok mendapat sekira 500-2 ribu ekor.

"Sisanya akan disalurkan sebelum bulan Desember mendatang, dasar kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan harus ada Surat Keterangan Terdaftar Kelompok (SKTK) dari Kesbanglinmaspol Kabupaten Kepulauan Mentawai sesuai dengan peraturan KKP " katanya kepada

MentawaiKita.com

, Rabu (8/11/2017).

Menurut Yose, di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, sudah sebelas kelompok nelayan keramba jaring apung yang sudah memiliki SKTK dari Kesbanglinmaspol. Untuk mengurus dokumen itu, nelayan harus menyiapkan kelompok paling sedikit anggotanya 10 orang, anggaran dasar dan angaran rumah tangga (AD/RT), surat pembentukan kelompok dari desa dan diketahui oleh Camat Sikakap, setelah itu pengurus kelompok mendaftarkan kelompoknya ke Kesbanglinmaspol Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ketua Kelompok Nelayan Jaring Apung Maju Bersama, Nirhan Sharnur mengatakan, tahap pertama kelompok nelayan jaring apung mendapatkan benih ikan kerapu sebanyak 1.000 ekor terdiri dari dua jenis yakni benih cantang sebanyak 500 ekor dan macan 500 ekor ditambah pakan 2 karung isi 20 kg.

"Benih ikan kerapu yang kita terima sepanjang 10 centimeter, dalam pemeliharaan terus diawasi oleh penyuluh perikanan dari KKP, sesuai dengan informasi setiap kelompok mendapatkan bantuan sebanyak 3.500 ekor benih, sisanya akan diterima sebelum bulan Desember," katanya.

  • Pin it
Komentar