Pembangunan Dermaga Apung di Sakaladhat Ditolak Camat Siberut Barat

08-11-2017 20:02 WIB | Peristiwa | Reporter: Bambang Sagurung | Editor: Rus Akbar
Pembangunan Dermaga Apung di Sakaladhat Ditolak Camat Siberut Barat

Rencana lokasi dermaga apung di Sakaladhat. (Foto: Bambang Sagurung)

BETAET-Adanya rencana pembuatan dermaga apung di Dusun Sakaladhat antara Dusun Sute'uleu dan Dusun Sakaladhat nilai camat Siberut Barat tidak logis.

"Ini lokasi yang akan dibangun dermaga apung. Bisa jadi dermaga darat kalau musim badai nanti, " kata Jop, camat Siberut Barat pada Mentawaikita.com, Selasa, (7/11/2017) sambil menunjuk rencana lokasi pembangunan.

Dikatakan Jop, terkait rencana pembangunan dermaga apung itu ditolak karena tidak masuk akal. "Kita sampaikan pada dinas, dari pada buat dermaga apung yang nanti sia-sia lebih baik anggarannya digunakan untuk buat jalan dan jembatan," katanya.

Untuk wilayah Kecamatan Siberut Barat, dikatakan Jop, lokasi yang cocok dibangun dermaga apung yaitu di Lobajau Desa Sigapokna. "Dia cocok didaerah danau, bukan di daerah yang bergelombang samudera, " katanya.

Namun, dikatakan Jop, berdasarkan RPJMD bupati hingga 2022 pembangunan dermaga untuk di Siberut Barat akan dilakukan 2018 oleh Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten Mentawai.

"Untuk wilayah Sute'uleu dan Sakaladhat sudah kita tolak. Kalau ada rencana pembangunan dermaga lagi duluar dari daerah itu termasuk dermaga apung perlu kajian khusus dan survei lokasi, bukan asal tunjuk dan tender, " katanya.

Saat ini pihak pemerintah Kecamatam Siberut Barat dan desa yang ada di wilayah kerjanya, Desa Simatalu, Simalegi dan Sigapokna sedang gencar membangun jalan dan jembatan baik melalui ADD maupun Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PIP).

"Tahun besok ada program baru lagi dari Kementerian Desa seperti PPID. Namun kita masih cari tim kecamatan yang rekrutnya secara wawancara karena kita tidak mau anggaran yang ada itu sia-sia, " katanya.

  • Pin it
Komentar