Bupati Imbau Orang Tua Motivasi Anaknya Punya Cita-cita

08-11-2017 19:14 WIB | Pendidikan | Reporter: Patrisius Sanene | Editor: Rus Akbar
Bupati Imbau Orang Tua Motivasi Anaknya Punya Cita-cita

Murid-murid peserta lomba cerdas cermat dalam rangka HKN yang dilaksanakan Dinkes Mentawai di Aula Kantor Bupati. (Foto: Patrisius Sanene)

TUAPEIJAT-Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet pada saat menghadiri kegiatan lomba cerdas cermat tingkat Sekolah Dasar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) mengimbau orang tua untuk mendorong dan memotivasi anak-anaknya memiliki cita-cita mempersiapkan generasi yang berguna bagi bangsa.

"Anak-anak harus memiliki cita-cita orang tua juga harus mendorong anaknya untuk maju terus, bakat dan cita-cita mereka harus didukung penuh, ada yang cita-cita yang tidak kita duga tercapai," kata Bupati di Aula Kantor Bupati Rabu (8/11/2017).

Bupati menyempatkan diri untuk berdialog secara dekat dengan murid-murid yang hadir sebagai peserta cerdas cermat yang barasal dari sekolah Santo Petrus Tuapeijat, SD Santo Yosep Sioban, SDN 02 Nemnem Leleu, SD Vincensius Sikakap, SD Cahaya Bangsa menanyakan apa cita-citanya.

Dalam dialog secara spontan murid-murid yang hadir menjawab ada yang bercita-cita diantaranya jadi reporter, polisi, tentara, tentara pasukan perdamaian dunia, dokter, arsitek.

"Bapak-ibu dengar bahwa cita-cita mereka di luar dugaan kita, tidak pernah kita tahu apa yang dicita-citakan, kesimpulannya adalah anak-anak kita harus punya cita-cita, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kebudayaan harus bekerja sama, apa yang tidak kita duga dapat terwujud, makanya cita-cita anak-anak kita harus diasah, kita harus mau mendidik anak-anak," kata Bupati.

Semua elemen berperan dalam mendidik anak-anak, misalnya guru mendidik anak saat berada di sekolah, lalu orang tua juga memiliki peran utama saat anak sudah berada di rumah. "Semua memiliki tanggung jawab, orang tua, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kepala Sekolah, ini tanggung jawab kita bersama, sehingga apa yang kita cita-citakan dapat tercapai," kata Bupati.

"Ada dampak kegiatan yang kita lakukan ini, harus jelas dan terarah, Dinas Kesehatan harus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan apliklat, juga harus mengecek karena anak-anak kita nantinya akan menjadi masyarakat umum," kata Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada orang tua agar berhenti merokok, sehingga harapan ini anak-anak sebagai generasi penerus juga sehat. "Jangan merokok, Bupati sudah mambana (memohon) ini, kesehatan unsur utama dalam keluarga, jangan ada orang tua merokok, ada maksud saya supaya anak-anak kita juga sehat, dokter juga jangan merokok," kata Bupati.

  • Pin it
Komentar