KPUD Mentawai Buka Pendaftaran Partai Politik untuk Pemilu 2019

09-10-2017 18:01 WIB | Peristiwa | Reporter: Patrisius Sanene | Editor: ocha
KPUD Mentawai Buka Pendaftaran Partai Politik untuk Pemilu 2019

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Kepulauan Mentawai, Andre Satoko (jas putih) datang ke KPUD Mentawai untuk mendaftarkan parpolnya menjadi peserta pemilu 2019 di Mentawai. (Foto: Patrisius Sanene)

TUAPEIJAT-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Mentawai membuka pendaftaran partai politik sebagai peserta pemilu 2019. Pendaftaran dimulai 3-16 Oktober 2017 sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU-RI) Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019. Pendaftaran parpol ke KPU ini sebagai syarat wajib untuk ikut seleksi peserta pemilu 2019.

Salah satu parpol calon peserta pemilu 2019, Partai Perindo Kabupaten Kepulauan Mentawai menddaftar hari ini, Senin (9/10/2017). Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Kepulauan Mentawai Kristinus Andre Satoko mendatangi Kantor KPUD Mentawai beserta jajaran pengurus partai untuk menyerahkan persyaratan pendaftaran peserta partai politik.

Setelah diverifikasi oleh KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Partai Perindo Kabupaten Kepulauan Mentawai belum bisa mendaftar karena ada data yang tidak sinkron antara Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Setelah kita verifikasi ada data yang tidak sinkron dengan Sipol, hanya persoalan susunan yang tidak sesuai dengan Sipol di pusat statusnya belum mendaftar, oleh karena harus sesuai dari KPU RI hingga KPUD," kata Ketua KPUD Mentawai, Laurensius Sarogdok, Senin, 9 Oktober.

Menurut dia, sampai hari ini, Partai Perindo pertama yang sudah menyerahkan persyaratan pendaftaran ke Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, sementara parpol lainnya belum.

Untuk lulus verifikasi pendaftaran partai politik, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya harus berbadan hukum, kemudian memiliki kepengurusan di seluruh daerah dan provinsi, memiliki kepengurusan paling sedikit di 75 persen di tingkat pusat dan 50 persen di tingkat kabupaten, lalu menyertakan paling sedikit keterwakilan perempuan 30 persen di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Tak hanya itu, calon peserta pemilu memiliki anggota paling sedikit 1/1000, kita dapatkan jumlah penduduk sesuai dengan SK Mendagri. Di Mentawai saat ini penduduk ada 83.517 akan menjadi patokan partai politik untuk memenuhi KTA, lebih pun dia lebih baik," kata Lauren.

Untuk partai baru, pendaftaran dilakukan terlebih dahulu oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di KPU RI, baru secara hirearki pendaftaran diikuti di provinsi, kabupaten/kota ke KPUD.

KPUD membuka pendaftaran calon peserta pemilu setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB, sementara untuk hari terakhir pada Senin, 16 Oktober, dibuka mulai pukul 08.00-24.00 WIB.

  • Pin it
Komentar