Sisi Lain Festival Muanggau Mentawai, Suami Istri Berjibaku Ikuti Lomba Kuliner

07-09-2017 16:00 WIB | Sosok | Reporter: Rus Akbar | Editor: Gerson Merari
Sisi Lain Festival Muanggau Mentawai, Suami Istri Berjibaku Ikuti Lomba Kuliner

Parbadia dan istrinya membuat subbet pada Festival Muanggau Mentawai 2017. (Foto : Rus)

MAPADDEGAT- Sejak dimulainya lomba kuliner Festival Muanggau Mentawai 2017 dari Rabu 6-7 September sampai hari kedua, Parbadia Saogo (42) setia mendampingi istrinya Asnidar Tatubeket mengikuti lomba, kedua pasangan ini saling berjibaku untuk meramu kuliner khas Mentawai yang digelar di Dusun Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara.

Seperti hari ini lomba kuliner menggiok toitet (memarut kelapa) dengan alat tradisional serta membuat subbet makanan khas dari Sipora ini dari keladi dan pisang. Parbadia memarut kelapa dan membuat subbet sementara istinya menunduk pisang dan keladi.

Parbadia ini tidak butuh menang dan kalah yang penting dia meramaikan dan mengeerti cara membuat subbet yang merupakan makanan orang Mentawai. "Yang membuat saya tertarik, kitakan masyarakat Mentawai ingin menghidupkan tradisional kita seperti membikin subbet, mencari anggau, membuat sup anggau, supaya pekerjaaan kita sehari-hari bikin agar tidak hilang," ujarnya pada Mentawaikita, Kamis (7/9/2017).

Dengan mengerti pola membuat subbet nanti maka bisa diajarkan kepada anak cucu begitu juga cara mencari anggau dan tahu membuat sup anggau. "Ini sebagai contoh untuk anak-ana muda kita nanti," ucapnya.

Parbadia tidak malu untuk tampil bersama dengan istrinya bagianya itu prinsipnya, sebab tidak hanya perempuan yang bisa membuat subbet . "Kita ikut ini atas kemauan kita karena laki-laki juga bisa bikin subbet, begitu juga mengkukur kelapa. Saat istri kita nanti mendahului kita misalnya meninggal maka kitalah yang mengajarkan anak-anak," terangnya.

Dalam lomba kuliner membuat subbet itu ada 12 kelompok satu kelompok dua orang, Parbadia dan istrinya tampil dalam ajang ini bahkan hanya dia laki-laki yang ikut laga tersebut.

  • Pin it
Komentar